Melakukan Pemotongan yang Akurat

Ketika kita membuat berbagai produk, biasanya banyak menggunakan alat ukur setiap hari.  Jenis alat ukur yang kita gunakan mungkin sederhana seperti penggaris mekanis, meteran besi, auto levels, pengukur jarak, dan berbagai macam alat pengukur las dan lain sebagainya.
Kunci sukses pengukuran adalah memastikan bahwa pengukuran yang dilakukan dan dicatat sudah benar sebelum proses pemotongan, perakitan, pembentukan, pengangkatan, pengelasan maupun pengecatan. Kita pernah mendengar istilah berikut, “Ukur Dua Kali, Potong Sekali”.  Benarkah pendapat ini? Jika Anda menerapkan pemikiran ini, maka yakinlah Anda berada pada situasi dimana Anda mengukur sesuatu dan menemukan kesalahan sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. Tanpa pemeriksaan ulang terhadap pengukuran, kita telah menempatkan posisi pada kemungkinan kesalahan terjadi dan kerja ulang.
Pengukuran tidak hanya berlaku untuk lingkup kerja Fitter. Hal ini sama pentingnya untuk para welder, painter, electrician, dan semua profesi di industri kerja ini.
  • Welder akan terus menerus diukur kinerjanya melalui persentase perbaikan lasan yang terjadi dan kita semua harus mengetahui dan memahami bahwa perbaikan pada lasan akan meningkatkan biaya pada perusahaan.
  • Painter harus mengukur jumlah cat yang telah dipakai sehingga tidak menggunakan cat lebih dari yang semestinya. Jika cat tambahan diterapkan atau terbuang dari yang diperlukan akan mengakibatkan peningkatan biaya pada perusahaan.
  • Tenaga elektrikal mengukur jumlah kabel yang diperlukan, jika pengukurannya tidak akurat dapat mengakibatkan panjang kabel yang dipotong terlalu pendek atau terlalu panjang sehingga kita harus memotong ulang kabel tersebut sesuai dengan panjang yang diperlukan.
  • Planner memeriksa datanya sebelum menghasilkan laporan produktivitas dan memverifikasinya dengan yang direncanakan dan aktual untuk mengukur tingkat produktivitas.
  • Akuntan memeriksa data mereka apakah sesuai dengan anggaran dan berapa banyak yang telah terpakai, apakah jumlahnya baik atau buruk.
  • Pengukuran adalah kunci kesuksesan kita, maka ingatlah selalu untuk memeriksanya sebelum melangkah ke tahap selanjutnya! 

Popular posts from this blog

Proses Pengelasan - ESW (Electroslag welding) dan (EGW) electrogas welding

Proses Pengelasan - GMAW (Gas Metal Arc Welding)

Prinsip dalam Mengikat Material Baja - Rigging