Akurasi size fillet welds

Mengapa pentingnya untuk mematuhi ukuran welding seperti yang tertera pada gambar shop dan design dan tidak melebihinya
Akurasi size fillet welds

Overwelding adalah praktik yang sering terjadi yang mungkin dilakukan karena kepercayaan bahwa logam las tambahan akan menambah kekuatan pada lasan fillet.
Efek dari overwelding terlihat jelas pada gambar 1 dimana lasan yang dibuat dengan benar dibandingkan dengan yang overwelded sebesar 3.0 mm.
Jika ditentukan ukuran lasan 6.0 mm tetapi meningkat sebesar 50 persen menjadi 9.0 mm, akibatnya membutuhkan lebih dari dua kali jumlah kawat las yang seharusnya digunakan.
Overwelding, dapat meningkatkan tingginya biaya pengelasan, yang mungkin tidak diperkirakan pada perhitungan biaya saat penawaran.
Luas area pengelasan original  = (6x6)/2 = 18 mm2
Kelebihan welding 3.0 mm  = (9x9)/2 = 40 mm2
Luas kawat las yang berlebihan= 22 mm2     CONQ biaya berlipat ganda untuk pengelasan
Oleh sebab itu setiap orang di mulai dari welder, welding supervisor dan welding inspector harus memeriksa untuk memastikan hal tersebut tidak akan terjadi atau Perusahaan akan membuang-buang uang.
Welder adalah orang pertama yang memeriksa yang merupakan bagian penting dalam melakukan pemeriksaan awal, pastikan Anda memiliki alat pengukur las untuk mengecek selama dan setelah proses pengelasan.
Jika kita semua melakukannya maka produktivitas di Perusahaan akan menjadi lebih baik, biaya produksi akan berkurang dan kita akan memenangkan lebih banyak pekerjaan. 

Popular posts from this blog

Proses Pengelasan - ESW (Electroslag welding) dan (EGW) electrogas welding

Proses Pengelasan - GMAW (Gas Metal Arc Welding)

Prinsip dalam Mengikat Material Baja - Rigging